Usaha budidaya belut merupakan bisnis rumahan yang tidak membutuhkan modal besar dan sangat mudah dijalankan. Meski kalah populer dibanding ikan lele atau gurame, namun usaha budidaya belut memiliki pangsa pasar yang sangat luas.

Tips Usaha Budidaya Belut

1. Pangsa pasar
Selain Indonesia, hasil usaha budidaya belut sangat laris di luar negeri. Jika dikirim sebagai produk ekspor, biasanya belut dikemas dalam bentuk segar, beku dan diasap. Sebagian besar negara punya prospek bagus dijadikan pangsa pasar hasil budidaya belut antara lain Jepang, Hongkong, Taiwan dan Korea Selatan.
Dari tahun ke tahun permintaan hasil budidaya belut dari negara-negara tersebut selalu naik. Masyarakat di sana termasuk Indonesia suka makan belut karena memiliki kandungan protein tinggi dan menjadi sumber gizi yang sangat bagus bagi semua orang.
2. Tips beternak belut
Menjalankan usaha budidaya belut cukup mudah dijalankan bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Hewan ini bisa hidup di segala tempat bahkan di daerah kotor sekalipun. Namun untuk pengembangan bibitnya harus memakai air bersih, agar tidak kena pencemaran kimia.
Media terbaik untuk mengembangkan usaha budidaya belut adalah kolam terpal. Tetapi jika tidak memiliki lahan yang cukup luas, bisa menggunakan tong besar atau drum. Bahkan bagi pelaku usaha budidaya belut yang masih pemula, justru disarankan memakai drum karena modalnya lebih sedikit.
Bibit terbaik untuk membudidayakan belut adalah yang ukurannya 1 atau 2 sentimeter. Bibit untuk pengembangan usaha rumahan budidaya belut ini bisa diperoleh secara langsung di persawahan. Tapi jika mau mendapat kualitas bagus sebaiknya beli di toko pemijahan bibit hewan ternak.
Kebutuhan air merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam usaha budidaya belut. Jika belutnya masih kecil, gunakan air bersih yang suhunya antara 25 sampai 31 derajat. Lalu setelah besar, bisa dipindah ke kolam atau drum besar.
Setelah air, urusan berikutnya yang tidak boleh dilupakan ketika menjalankan peluang usaha budidaya belut yaitu masalah pakan. Belut merupakan hewan yang bisa dikasih jenis makanan apa saja seperti ikan cetol, belatung, cacing tanah, daging bekicot dan sebagainya.
Melihat prosesnya yang begitu mudah, dapat disimpulkan usaha budidaya belut merupakan bisnis yang enak dijalankan. Untuk pasarnya, dapat dilakukan sendiri atau kerjasama dengan perusahaan pemasaran usaha budidaya belut. Jangan takut mencoba dan selamat berjuang.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top